Senin, 21 Oktober 2013

NEW MEDIA

Definisi New Media

Media menurut bahasa berarti perantara. pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. 
Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak.

Pandangan New Media
             New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini. semua kegiatan pemberian informasi dapat di askes melalui komponen new media. Youttube, Facebook, Wikipedia menjadi suatu kebutuhan keseharian kita. Dan media - media ini sangatlah berpengaruh dalam dunia nyata, tidak hanya dunia maya. 

Komponen New Media
- Internet & Web
- Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs (Compact Discs)
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

Aplikasi New Media
Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh. Disinilah salah satu alasan facebook mau diharamkan, konon katanya facebook telah digunakan untuk ajang menyebarkan pornografi dan seks bebas.
Saya bisa mencurahkan perasaan hati yang sedang saya rasakan saat itu, nulis di wall seakan-akan teriak terbukti mengurangi rasa kesal dan stress yang sedang saya rasakan.
Konten yang terdapat dalam facebook :
  • Pada bagian kanan bawah di page profil, terdapat konten chat yang berfungsi untuk chating kepada teman kita yang sedang online
  • Pada bagian atas facebook terdapat konten search engine yang berfungsi untuk mencari seseorang yang memiliki facebook
  • Pada bagian kanan di page facebook terdapat konten album foto yang  memungkinkan teman-teman kita melihat foto-foto yang ada di album kita.
  • Pada bagian kiri juga terdapat list friend yang menandakan ada berapa teman kita dan memungkinakan orang lain melihat teman kita
  • Di bagian wall terdapat konten coment, konten coment berfungsi dapat membalas wall atau update status kita.
  • Selain itu masih banyak lagi konten-konten yang tidak masuk dalam default facebook, tetapi kita dapat memasukkannya seperti konten game, deskripsi diri dan lain lain.
Youtube
YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online.  YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya.
Konten yang terdapat pada YouTube :
  • Dibagian home terdapat sebuah konten yang digunakan untuk mengupload video.
  • Dibagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita melihat video – video apa saja yang terbaru dan terpopuler, selain itu dalam setiap video terdapat kolom komentar untuk mengomentari video.
  • Dibagian bawah web terdapat menu-menu yang memudahkan pengunjung, contohnya bahasa,untuk memilih bahasa yang di tampilkan saat menjelajahi web.
  • Report a bug, berfungsi untuk melaporkan jika terdapat halaman yang eror.
  • Location, berfungsi untuk menentukan daerah mana saja video yang ditampilkan.
  • Safety mode, berfungsi untuk pencarian yang akurat.
Wikipedia
Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Konten yang terdapat dalam Wikipedia :
  • Pada bagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita inginkan
  • Pada bagian kanan web terdapat pilihan bahasa yang tersedia yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam memahami artikel yang sedang di baca
  • Pada bagian atas terdapat fitur sunting dan versi terdahulu yang berfungsi untuk menyunting artikel dengan suntingan kita yang lebih baik dibandingkan artikel sebelumnya
  • Di web ini juga dapat mencetak artikel dalam bentuk pdf yang tersedia dalam fitur di sebelah kanan web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar